Sabtu, 08 Juni 2019

Cara Menyembuhkan Jerawat batu Parah selama 2 Tahun

Haiii, aku Irene. 
Ini pos pertama aku di blog. Mungkin blogkali ini akan panjang, krn banyak cerita selama 2 tahun ini hehehe. Pada kesempatan pertama ini aku mau sharing pengalaman aku melawan jerawat.
Awal aku berjerawat parah tuh kurang lebih 2 tahun lalu. pada waktu itu  jerawatku masih yang bruntusan kecil-kecil seperti di gambar di bawah ini.



tapi makin lama aku merasa risih karena bruntusannya ga hilang-hilang dan malah makin banyak gitu padahal aku udah pake masker segala macam. di bawah ini wajahku penuh dengan beruntusan yang makin membear.

Akhirnya aku curhat sama temenku. dia cerita kalo temannya juga ada yang dulunya jerawatan dan pake krim dokter kemudian wajahnya jadi mulus lagi. jadi karena aku juga udah merasa kalo jerawatku ini udah makin meradang, dan aku takut akan semakin banyak akhirnya aku memutuskan untuk mencoba ke salah satu klinik kecantikan E**a yang pastinya udh banyak jg yg tau ya (maaf cuma bikin inisial aja krn mnrtku kurang etis kalo sebutin nama). jadi besoknya aku pergi ke klinik itu dengan temanku,  dan singkat cerita,setelah aku daftar, pilih dokter (aku dah lupa nama dokternya), dan konsul dengan dokternya. dokternya sebutin kalo aku harus hindari makanan gorengan, berlemak, bersantan, kacang2an, kurangi susu, kurangi telur. yang intinya dokter nyuruh aku diet gitu, lalu dokter bilang nanti bakal dikasi krim aja belum perlu dikasi obat dalam. aku dikasi 4 krim pagi+malam  dan 1 facial foam. biaya yang kukeluarkan untuk itu sekitar 500 ribuan.
Selama aku pake krim dokter, aku benar-benar jaga makananku dan hindari setiap pantangan yang dibilang dokter. aku makan makanan yang direbus dan aku juga cuma makan lauk ikan bukan daging2an atau telur. Dan memang setelah aku pakai krim itu wajahku jadi tampak glowing, mulus, dan lebih cerah.



 Tapi sepertinya krim itu membuat kulitku makin tipis karena semakin lama setiap aku oles krim ke wajah, rasanya panas dan perih cekit-cekit gitu, wajahku juga jadi sensitif sama matahari. jadinya setiap ada kegiatan di luar dan cuaca nya lagi panas tuh, mukaku memerah gitu, oleh karena itu aku sering banget pake masker. ditambah lagi makanan yang terlalu kujaga, membuat aku benar2 sedih :(( aku ga tahan makan rebus2an terus huhuhuuu, Jadi karna kuliat juga wajahku udah baikan, aku berhenti pake krim dokter itu ya memang udah habis juga. intinya aku ga lanjutin krim dokter lagi.

Setelah itu aku cari2 info tentang skincare utk kulit sensitif. dgn cara browsing di internet aku beralih ke beberapa produk  yg akan jelasin secara singkat sprt di bawah ini yaitu :
1. Phisohex 50 ml seharga 20 ribuan, ga cocok di kulit aku, beruntusan ga hilang-hilang sampai habisin botol ke-2.

2. sabun johnson baby warna putih, ga cocok di kulit aku, bikin perih setiap cuci muka, jerawat nambah.

3. Tea tree oil yg uk. 10 ml seharga 90 ribu beli di shopee. Aku ngolesin ini ke semua jerawatku setelah cuci muka, ya lumayan ngempesin jerawat juga.


4. setelah itu aku cobain cetaphil gentle skin cleanser yg ukuran 125 ml  hrganya 90 ribu, bagusnya cetaphil ini dia ga memberi efek pedih gitu di kulit tp kekurangannya utkku dia trllu lembab di mukaku yg cenderung berminyak. Jerawatku jg bukannya malah kempes tp jd bendol2 gitu.
                                    



5.  Lalu utk menyiasati cetaphil yg super lembab itu aku beli  toner dari Paula's choice skin perfecting yg mengandung 2 % BHA yg katanya bagus utk kulit berjerawat. Aku beli yg ukuran 30 ml yang   harganya 180 ribu di shopee jg. toner ini memang bagus tp hrganya aja yg ga bgs hahaha, dia jd netralin ph wajahku setelah pake cetaphil gitu dan jerawatku pun mulai kempes, tp setelah toner ini habis ga aku lanjutin krn harganya yg mahal, dan mmg jerawatku yg bendol2 agak kempes tp dia ga ngaruh buat jerawatku yg kecil2.

6. facial wash dan toner the body shop yang varian tea tree yg ukuran 60 ml(mini size) seingatku aku beli seharga 90 ribu dari slh satu olshop ig, bagus sih di muka aku, jerawatnya kempes, tapi yang bikin aku ga suka tuh alkoholnya si toner nya itu, kuat banget, ya walaupun mungkin itu yg bikin jerawatku rileks gitu. tapi aku takut bergantung sm produk sprt itu ditambah lagi harganya jg mnrtku ga affordable buatku ya.

7. Aku juga pernah makan obat dr dokter spesialis kulit di kotaku, jadi setelah konsul aku dikasi 4 jenis obat ( vitamin c, antioksidan, alergi, antibiotik) dan 2 krim oles pagi malam, yang hrs dioles setelah selesai mandi. Jerawatku memang ada perubahan sedikit.  tapi obatnya habis dalam 2 minggu, jadi tuh aku beli lagi utk yg kedua kalinya. Jadi aku 4 minggu makan obat dan pake krim dokter lagi. Tapi aku berhenti pake obat dokter krn aku takut kalo harus makan obat terus.

8. Lalu aku nyobain vitamin c dari OST C20 Pure Vitamin C Tiam 3o ml harganya 155 ribu , aku beli ini setelah aku nonton video youtuber yg bilang ini bisa ngilangin beruntusan sm bekas jerawat. Tp mukaku malah makin beruntusan dan aku hentikan pemakaiannya.

Apa kalian bisa melihat jerawat2 batuku ? :D


9. Sulwhasso Herbal soap 70 gr harganya 125 ribu, aku beli di shopee. Kenapa aku bisa beli ini ?Jadi tuh aku udah banyak mempelajari ttg jerawat ini, dan makin lama aku makin ngerti kalo semakin banyak wajah kita terpapar bahan2 kimia (makeup atau skincare) maka wajah kita itu akan teracuni maka wajah kita memberi respon dengan jerawat, kulit semakin sensitif, bahkan parahnya dapat merusak lapisan kulit kita. Jadi sabun sulwhasoo ini terbuat dari ginseng alami yang dapat mendetoks segala racun2 yang ada di wajah kita dan mengembalikan kesehatan kulit kita. Akhirnya aku tergoda membeli. Ya sabun ini memang bagus, aku ga mengalami breakout, dan sabun ini lumayan menolong wajahku dari jerawat. Dia ga menambah jerawatku, dan ga membuat kulitku sakit. Tapi aku ga lanjutin lagi karena aku rasa harganya mahal dan memang pemakaiannya agak boros krn ini kan sabun batang gitu, dan cepat habis.

*Dan 2 produk terakhir ini adalah penyelamat wajahku dari jerawat.

Akhirnya aku nyoba sesuatu yang baru lagi. Produk pertama krn saran mama aku. mama bilang kalo jaman dulu tuh cuma pake sabun ini tapi mama  ga pernah jerawatan. Aku udah cari tau tentang produk ini dan pelajari dari lama banget. Akhirnya aku
beraniin diri pake sabun ini. Ini adalah sabun batang yg biasanya aku pake buat cuci baju hahahah

                                         
   sabun cuci merk telepon                                                ini setelah aku potong kecil2                                                                                                                      supaya mudah dipake       

Awalnya aku ga percaya ini akan membantu, krn awal pake sabun ini rasanya mukaku gatal dan ada rasa panas gitu, aku pun mulai ragu. Tapi mamaku bilang "sabar, itu normal krn jerawatmu lg bengkak2nya, berdoalah supaya ini berhasil". Akhirnya aku teguhkan hatiku utk mencoba yg satu ini. Aku mulai pake sabun telepon sejak tanggal 6 bulan Mei tahun 2018. Selama pemakaian sabun ini jerawatku serasa mengering gitu.

Ini 2 minggu setelah aku pake sabun telepon.

Jerawatku pun mulai kempes, walaupun wajahku memang jadinya tampak agak menyeramkan. Tapi tidak seperih dulu. Teman2ku terkejut melihat wajahku yg saat itu, krn benar2 mengerikan, byk dr mrk yg menawarkan aku sabun, perawatan, dll. Banyak yg bertanya aku sakit apa, alergi apa, salah makan ya ? salah pake bedak ya ? Mungkin mereka kasihan dgn keadaanku. Tapi ada juga yg mencibir, ada yg sprt jijik melihat jerawat2 ini. Itu normal sih krn memang begitulah faktanya. Tapi aku ga mpeduli, aku cuek. Aku ga pernah pake make up ke kampus atau menutupi kekuranganku ini dengan apapu. Aku hanya pake bedak marcks  kekampus dan kemana2. Banyak yg bilang aku ga peduli penampilan, tp aku hanya diam saja. Mereka bilang seperti itu krn mereka ga tau berapa banyak pengorbananku untuk jerawatku ini. Aku percaya proses ga akan menghianati hasil. Jadi aku hargai proses yg sedang kujalani walau itu menyakitkan.

                               
Ini tanggal 9 bulan juni tahun 2018, sebulan setelah pake sabun telepon.
Memang masih ada beberapa jerawat yang tumbuh mungkin karena hormon, pikiran, atau makanan.



                             
ini tanggal 25 bulan juni tahun 2018, setelah 6 minggu pake sabun telepon.
jerawat2 lama mengering dan ninggalin bekas2 merah/coklat.

Lalu aku cari2 info tentang skincare yang bisa hilangin bekas jerawat, aku juga sering nonton video youtuber luar negeri yg sharing pengalaman mereka melawan jerawat. Akhirnya aku tertarik dengan satu youtuber yang pake cuka apel untuk dijadikan toner wajah. Aku lihat before after wajahnya, membuatku mencoba cuka apel. Awalnya aku beli toner cuka apel yang merek bragg share in bottle 100 ml dapat bonus botol spray kosong juga harganya 45 ribu, aku beli di shopee. Jadi aku campur tuh cuka apel dengan air yang dimasak 1:2, Jadi setiap 1 sendok makan cuka apel kutambahkan 2 sendok air masak, dst. Cara pakenya yaitu aku tuang toner ke kapas lalu aku usap ke wajahku dan leher perlahan. Lalu toner itu selalu kupake dengan setiap habis mandi. Bahkan kalo siang aku pulang dari kampus aku bersihin mukaku dengan toner aja tanpa harus cuci muka. Toner ini ampuh banget ngangkat residu/kotoran, atau bedak. Bahkan lebih ampuh dari micellar water manapun (pengalamanku ya). Setiap bangun tidur aku bersihin muka aku pake toner ini dan akhirnya kapasnya penuh dengan minyak berwarna kuning. Tapi toner ini ga bikin wajahku kering, malah jadi lembab gitu.

Tanggal 4 bulan juli tahun 2018, Ini 2 bulan setelah pake sabun telepon dan 
seminggu setelah aku pake toner cuka apel. 

Jadi  seperti yang kalian lihat di gambar atas, noda bekas2 jerawatku yang merah udah mulai memudar tapi belum semua ya dan ada beberapa jerawat tumbuh di kening, mungkin penyebabanya hormonal tapi gpp nanti itu bakal sembuh kok. 
Jadi skincare yang kupake kalo malam tuh cuma 2 yaitu, sabun telepon dan toner cuka apel. 
Lalu karena cuaca di tempatku panas banget aku beli sunscreen, supaya bekas jerawatku ga menghitam juga. Jadi aku beli sunscreen skinaqua yang spf 50, yang wrn biru. Aku juga cari2 info dlu sblm beli sunscreen ini. Dan untungnya bagus untuk kulitku yang cenderung berminyak dan berjerawat.
Jadi kalo pagi hari aku pake sabun telepon, toner cuka apel, sunscreen skinaqua dan bedak marcks yg wrn pink. 


 Tanggal 9 bulan Juli tahun 2018, 


Tanggal 1 bulan agustus tahun 2018 (maafkan mukaku yg ga santai ya hahahha). 
Setelah hampir 3 bulan pake sabun telepon dan 1 bulan pake toner cuka apel

Di foto itu jerawat di keningku udh kempes ya dan bekas jerawatnya juga mulai memudar, tapi tumbuh lagi jerawat di dekat pelipis sebelah kiri. Mungkin karena byk pikiran xixixi

Berhubung toner cuka apelku habis, aku beli toner bragg yg isi 473 ml, harganya 219 ribu. Aku beli di Berastagi supermarket (salah satu supermarket di medan). Seperti biasa, aku racik tonerku dengan cuka apel dengan air dgn perbandingan 1:2.

Yang diatas itu foto toner yang udah habis setengah kupake, sorry banget aku gaada kepikiran fotoin pas pertama beli. jadi cuma foto tonernya cm ini yg tertiinggal. Ya aku cmmau nunjukin bentuknya aj ya. Dan label yang kukoyak itu, krn kejahilan tanganku buka label organicnya heheheh. 

Foto ini diambil tengah malem tanggal 22 bulan september tahun 2018.

Jarak foto yg diambil dgn foto yg sebelumnya lama banget yak ada 1,5 bulan, aku sampe lupa mengabadikan jerawat2ku krn kegiatan kuliah.

Tanggal 19 Oktober 2018
Lagi2 maafkan mataku yang tidak santai ya guys, itu unsur ketidaksengajaan  hehehe

Tanggal 24 Desember 2018
Wajahku masih penuh dengan bekas jerawat tapi tidak separah dulu ya guys
Tanggal 30 Desember 2018.

Tanggal 21 Januari 2019.

Tanggal 3 Februari 2019, disini tampak noda bekas jerawatku semakin pudar ya kan ?

7 Maret 2019

 Tanggal 19 April 2019


Tanggal 20 Mei 2019, Noda bekas jerawat semakin berkurang,tapi gimanapun jerawat pasti ninggalin jejak kaki (acne scar).


Tanggal 7 Juni 2019, Ini baru kuambil sehari sebelum kuposting blog ini ya guys. Dan sekarang aku udah pake sabun telepon 13 bulan( 1 tahun 1 bulan), dan pake toner cuka apel 11 bulan.


Sebagai pengingat aku akan buat kolase dari bbrp fase jerawatku sejak aku pake sabun telepon dan toner cuka apel ya.

 Menurutku wajahku benar2 berubah jadi lebih baik sejak aku pake sabun telepon dan pake toner cuka apel itu, kenapa aku bilang gitu, wajahku ga beri respon negatif terhadap 2 produk ini. Selama aku pake sabun ini, jerawatku tidak meradang, tapi malah mengempis atau mengering. Toner cuka apel juga membantu menetralkan ph wajahku dari sabun, membersihkan minyk2 wajahku, mengurangi bekas jerawatku, dan menurutku melembabkan wajahku walaupun mengandung asam. Wajahku yang dulunya berminyak banget, tapi selama pake cuka apel, wajahku jadi normal. Ya walaupun, jerawatku ninggalin acne scar/bopeng, aku ga berkecil hati. Karena menurutku, keadaanku yang sekarang ini udah mukjizat banget sama aku. Karena apa yang kualami ga mudah, jadi  aku bersyukur banget dengan hasil yang kucapai. Dan selama aku pake sabun telepon dan toner cuka apelini aku ga pernah coba2 produk lain yang mengandung bahan kimia. Aku cuma pake sabun dan toner ini, aku juga ga pernah coba produk2 masker wajah krn aku takut itu malah membuat aku jerawatan. Dan yang paling penting aku ga ketergantungan untuk produk2 yang aku pakai, selain itu harganya juga ekonomis alias hemat banget guys :D, toner cuka apel ku tuh baru habis stlh 10 bulan kubeli hahahha, dan fyi sabun telepon ini harganya cuma Rp 2000 sebatang, dan itu habisnya lama banget. Dan yang terpenting, produk ini memberikan perubahan yang baik lebih dari yg kuharapkan, seperti mengubah jenis kuliitku yg berminyak menjadi normal, dan membuat kulitku yg dulunya sensitif kalo pake makeup/bedak jadi sekarang lebih kuat dan kebal terhadap bakteri juga hehehe. 

Jadi kesimpulan yang kuambil dari pengalamanku melawan jerawat ini bahwa :
1. produk2 yang mahal belum tentu menjamin kesembuhan dari jerawat kita.  
2. Terlalu sering mengganti produk dapat membuat wajah kita rusak
3. Aku ga bisa bilang apa penyebab utama jerawatku ini muncul, tapi krn ini udh terjadi yang kutau  kita harus sabar dan tekun melewati masalah ini.
4, Untuk sembuh dari jerawat seperti aku, butuh waktu dan proses yang panjang.
5. sabun  dan toner itu ga membuatku ketergantungan. 

Saran :
1. Berhati2lah memilih produk skincare, jangan teracuni kata2 orang. Karena tidak ssemua produk bisa cocok untuk semua orang. Kenali kulitmu, ketahui masalah kulitmu, pelajari produk2 sebelum kamu beli, yakinkan kalau kamu dpt menjangkau produk itu (harga maupun stok) agar mempermudah kamu juga di lain hari.
2. Jangan sering2 berganti produk, krn itu berbahaya untuk kulit kita, kalo udah cocok sm 1 produk lbh baik jgn pindah2 ke lain hati.
3. Pilihlah produk yang mengandung bahan yang baik untuk kulit kita.
4. Jangan terlalu banyak gunakan produk skincare, krn motto "less is more" itu mmg benar adanya.
5. Bersabarlah dan bertekunlah, karena setiap apa yg kita tekuni pasti akan menghasilkan hasil yg optimal.
6. Jangan menyerah dengan waktu, karena waktu juga obat. Jadi jgn putus asa kalo jerawatmu ga sembuh berbulan2, krn aku juga baru sembuh setelah 2 tahun.

Yang terakhir adalah yang paling penting bagiku " Jangan jadikan oranglain sebagai motivasimu untuk melawan jerawat, tapi jadikan dirimu sendiri sebagai motivasi kesembuhanmu ". Karena niat yang tulus akan membawa energi yg positif untuk jiwa kita. Dan di saat sprt ini, kita harus "mencintai diri kita sendiri". Terima keadaan kita apa adanya tapi jangan merendahkan diri, krn itu akan membuatmu terpuruk. Kuatkan mental, krn dlm kondisi spt ini akan banyak kata2 yg menyakiti hati baik sengaja ataupun tidak, responlah dengan bijak dan jangan sekali2 merendahkan diri dan berkecil hati.

Demikian pengalaman yang bisa kushare di blogku ini. Maaf kalo ceritanya panjang banget dan kalo msh byk kekurangan. Semua yg kuceritakan dan kujelasin benar2 terjadi dlm hidupku. Akhir kata, aku ucapkan terimaksih. Tetap Semangat buat kamu yang sedang berjuang melawan jerawat !!!

P.S : kalo ada yang mau ditanya2, boleh koment dikolom komentar yaa..


                        Sabtu, 08 Juni 2019



Irene Ganda Uly Siahaan




























                                                             

18 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya wak cerita 2 tahun itupun dah dipersingkat wkwk

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. mantap wak! aku jg pake sabun telepon ngikutin saranmu setelah sekian lama maju mundur krn takut aja gt nyobanya wkwk tp ternyata it works! jerawat mulai kempes di sebulanan pemakaian (emg harus sabar sih haha) tp kalo utk toner cuka apel aku mmg ga cocok, jd bruntusan+merah2 gt, jadinya ga kulanjutin deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat wak krn cocok. Mudah2an jerawat nya sembuh total. Wah sayang kali ya toner cuka apelnya ga cocok. Semoga dpt toner yg emg cocok deh..

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Dan akhirnya kembali ke sabun telepon hahahhahah

    BalasHapus
  6. mantapp dekk kuu, Pantas makin mulus wjaah kita itu yaa ��

    BalasHapus
  7. Wow keren bisa hilang, itu sabun dulu dipakai buat cuci baju ya jaman dulu. Seneng ya pastinya bisa hilang, i feel u
    Semangat ya menyembuhkan acne scarnya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, makasih ya ci udh ngunjungi blog saya. Semangat juga buat cici :-)

      Hapus
  8. Wah, sama sama anak Medan.. Hihihi

    BalasHapus
  9. Lagi ngerasain ni kak, takut nyoba tapi pengen nyoba, kalo kulit sensitif pake sabun telepon boleh ga ya??

    BalasHapus